Blogger Jateng

OVO, Aplikasi Dompet Digital / E-Wallet

OVO, Aplikasi Dompet Digital / E-Wallet

Diartikel kali ini, saya akan memberikan informasi mengenai aplikasi OVO.

OVO merupakan salah satu Aplikasi pembayaran resmi (PT Visionet Internasional) yang dapat kamu gunakan untuk bertransaksi online apa saja, seperti berbelanja, isi pulsa, beli tiket kereta, hingga membayar berbagai tagihan di online shop dengan lebih cepat, mudah, dan aman. Metode pembayaran ini baru akan muncul setelah kamu melakukan aktivasi.

OVO, Aplikasi Dompet Digital / E-Wallet


OVO Cash dan OVO Points

OVO terdiri dari dua bagian, yaitu OVO Cash dan OVO Points.

1. OVO Cash

OVO Cash adalah uang elektronik yang dapat digunakan untuk berbagai macam transaksi di Tokopedia, pembayaran di berbagai merchant rekanan OVO, dan isi ulang (top up). OVO Cash tidak memiliki masa berlaku dan dapat ditransfer ke akun OVO lain atau akun rekening bank lainnya.

2. OVO Points

OVO Points adalah poin yang diperoleh pengguna setiap mendapatkan cashback dari setiap transaksi yang dilakukan di Tokopedia. OVO Points dapat digunakan sebagai salah satu metode pembayaran, dimana konversi 1 poin senilai dengan Rp1. OVO Points memiliki masa berlaku selama 18 bulan dan tidak dapat ditransfer ke akun OVO lain atau rekening Bank lain.

OVO Club & OVO Premier

OVO  menawarkan 2 (dua) jenis klasifikasi akun keanggotaan Pengguna OVO, sebagai berikut:

1. OVO Club (Unregistered E-Money)

OVO Club adalah klasifikasi akun Pengguna OVO yang merupakan pengguna uang elektronik unregistered sebagaimana diatur dalam Peraturan Bank Indonesia yang mengatur mengenai penyelenggaraan uang elektronik. Jika Anda berhasil melakukan pendaftaran dengan menggunakan nomor ponsel dan alamat email maka Anda akan langsung menjadi Pengguna OVO dengan klasifikasi akun OVO Club. Pengguna OVO dengan klasifikasi OVO Club dapat menggunakan beberapa layanan uang elektronik secara terbatas

Syarat mendaftar OVO Club:

  1. Untuk dapat melakukan pendaftaran Anda harus merupakan individu yang cakap secara hukum berdasarkan hukum Republik Indonesia untuk melakukan tindakan-tindakan hukum, yaitu; Anda harus berusia minimal 21 (dua puluh satu tahun), atau sudah menikah, dan tidak sedang berada di bawah pengampuan.
  2. Jika Anda melakukan pendaftaran padahal Anda bukan merupakan individu yang cakap secara hukum sebagaimana dimaksud dalam huruf a di atas ini maka Anda menyatakan dan menjamin bahwa pendaftaran Anda telah disetujui oleh orang tua, wali, atau pengampu Anda yang sah.
  3. Pada saat melakukan pendaftaran Anda wajib memasukan nomor ponsel dan alamat email yang masih aktif, valid, dan akurat serta belum pernah didaftarkan sebelumnya kepada Kami, ke Aplikasi OVO atau Platform Partner yang merupakan kanal pendaftaran elektronik resmi Kami.
  4. Anda wajib untuk memasukan kode one-time password ("OTP") yang Kami kirimkan kepada Anda melalui layanan pesan singkat (Short Messaging Service / SMS) ke nomor ponsel yang dimaksud dalam huruf c di atas dan Anda wajib untuk membuat security code berupa 6 (enam) digit angka yang tidak boleh dibuat secara berurutan atau berulang ("Security Code").
  5. Kode OTP dan Security Code merupakan kode rahasia yang digunakan untuk mengakses akun Anda dan memanfaatkan Layanan OVO. Oleh karena itu, Anda wajib untuk selalu menjaga keamanan dan kerahasiaan kode OTP dan Security Code. Demi keamanan akun Anda, mohon untuk tidak membagikan, menginformasikan, atau mengungkapkan kode OTP ataupun Security Code kepada pihak manapun termasuk petugas OVO, customer service, dll. 
  6. Untuk kejelasan terkait pendaftaran (sign up), 1 (satu) Pengguna hanya dapat melakukan pendaftaran (sign up) untuk 1 (satu) akun dan 1 (satu) nomor ponsel hanya dapat digunakan untuk pendaftaran (sign up) satu kali.

Untuk cara mendaftar, silahkan pilih "Daftar" kemudian ikuti pentunjuknya.

2. OVO Premier (Registered E-Money)

OVO Premier adalah klasifikasi akun Pengguna OVO yang merupakan pengguna uang elektronik registered sebagaimana diatur dalam Peraturan Bank Indonesia yang mengatur mengenai penyelenggaraan uang elektronik. Anda dapat melakukan upgrade klasifikasi akun Anda menjadi OVO Premier dengan menyerahkan data dan informasi sebagaimana Kami syaratkan dalam Sub-BAB mengenai Upgrade pada BAB ini. Pengguna OVO dengan klasifikasi OVO Premier dapat menggunakan seluruh layanan uang elektronik.

Upgrade (OVO Premier):

OVO, Aplikasi Dompet Digital / E-Wallet

Syarat Upgrade ke OVO Premier

  1. Upgrade dilaksanakan untuk meningkatkan klasifikasi akun Anda dari OVO Club menjadi OVO Premier.
  2. Anda wajib melakukan upgrade hanya melalui kanal upgrade elektronik resmi Kami, yaitu; Aplikasi OVO, Platform Partner (yang Kami peruntukan sebagai kanal upgrade elektronik Kami), atau kanal upgrade lainnya sebagaimana Kami kembangkan, sediakan, dan informasikan untuk dan kepada Anda di kemudian hari.
  3. Anda wajib menyerahkan data dan informasi berupa; foto dokumen identitas; foto KTP bagi Anda yang merupakan WNI atau foto halaman identitas pada Paspor Anda bagi Anda yang merupakan WNA, secara valid, benar, akurat, dan jelas, melalui Aplikasi OVO atau Platform Partner yang Kami peruntukan sebagai kanal upgrade elektronik resmi Kami.
  4. Anda wajib menyerahkan swafoto Anda dan melakukan rekam verifikasi gerak wajah secara aktual, akurat, dan jelas, melalui Aplikasi OVO atau Platform Partner yang Kami peruntukan sebagai kanal upgrade elektronik resmi Kami. 
  5. Setiap satu dokumen identitas, swafoto, dan rekam verifikasi gerak wajah hanya dapat digunakan satu kali untuk pelaksanaan upgrade.

Untuk upgrade ke OVO Premier, silahkan pilih "Upgrade" dan ikuti petunjuknya.


Panduan Aplikasi OVO

OVO, Aplikasi Dompet Digital / E-Wallet

OVO, Aplikasi Dompet Digital / E-Wallet


1. Cara Top Up OVO

  1. Tekan "Top Up" pada halaman "Home";
  2. Pilih metode Top Up yang kamu inginkan;
  3. Lanjutkna transaksi dengan mengikuti petunjuk yang tersedia;
  4. Cek saldo OVO kamu jika sudah berhasil melakukan Top Up.

2. Cara bayar pakai OVO

  1. Tekan "Scan" di halaman "Home";
  2. Selain SCAN QR, Anda juga bisa melakukan pembayaran melalui nomor ponsel;
  3. Pastikan nomor yang tertera sesuai jumlah transaksi kamu.

3. Cara Transfer pakai OVO

  1. Tekan "Transfer" pada halaman "Home";
  2. Selain transfer ke sesama OVO, Anda juga bisa transfer ke Bank lainnya;
  3. Pastikan Penerima dan jumlah transfer sudah benar.

Nah itulah artikel mengenai OVO. Jika Anda mempunyai pengalaman atau pertanyaan, silahkan berkomentar di bawah.

Posting Komentar untuk "OVO, Aplikasi Dompet Digital / E-Wallet"